Sabtu, 08 September 2012

0 Jaringan Komputer


Pengertian dari Jaringan komputer
Jaringan Komputer
adalah sekumpulan atau beberapa komputer, serta perangkat pendukung komputer lainnya yang saling terhubung dalam suatu kesatuan. Medianya dapat melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga pengguna jaringan komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi, seperti data dan dokumen, juga dapat melakukan pencetakan pada printer dan perangkat keras/lunak lainnya secara bersama-sama yang terhubung dengan jaringan.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1.       Sharing resources
Tujuan dari Sharing resources agar seluruh program, peralatan / peripheral lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai yang ada pada jaringan komputer.
2.       Media Komunikasi
Dengan adanya jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk keperluan teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3.       Integrasi Data
Jaringan komputer dapat didistribusikan ke tempat lainnya tanpa harus ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja.
Jenis  Jenis Jaringan Komputer
1. LAN  ( Local Area Network )
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi yang ada pada sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN sekarang ini sering sekali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation pada kantor / perusahaan / pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (contohnya : printer, scanner dll) juga dapat saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.
2. MAN (  Metropolitan Area Network )
Metropolitan  Area Network (MAN)  pada dasarnya sama seperti LAN hanya saja MAN berukuran lebih besar dan mengunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel,biasanya MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching. Eemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana.
Jaringan Komputer
3. WAN ( Wide Area Network )
Wide Area Network  (WAN) biasanya mencakup daerah geografis yang luas, seperti  sebuah negara atau benua.  WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.
Kita menyebut mesin-mesin ini sebagai host. Istilah End System kadang-kadang juga digunakan  dalam literatur. Host dihubungkan dengan sebuah subnet komunikasi (subnet). Tugas dari subnet adalah membawa pesan dari host yang satu ke host yang lainnya. Dengan memisahkan aspek komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dari aspek-aspek aplikasi (host), rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih sederhana.
Element switching adalah komputer yang khusus dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi / lebih.
4. Jaringan Tanpa Kabel
Komputer mobile seperti notebook dan personal digital assistant  (PDA), salah satu cabang industri komputer yang paling cepat pertumbuhannya. Banyak komputer jenis tersebut yang sebenarnya telah memiliki mesin-mesin desktop yang terpasang pada LAN atau WAN tetapi karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat terbang, maka banyak yang tertarik untuk memiliki komputer dengan jaringan tanpa kabel ini.
5. Internet
Internet adalah Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, yang menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
Manfaat Jaringan Komputer
1.       Resource Sharing, dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersama-sama. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari suatu data, tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut, seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak.
2.       Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. contohnya, semua file dapat disimpan ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. Sehingga apbila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.
3.       Menghemat uang. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. Akan tetap, harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates