Kamis, 06 September 2012

0 Mengenal Virus Komputer


Mengenal Virus Komputer
Pengertian Virus
Virus komputer adalah suatu program komputer yang dibuat untuk menulari program-program atau data lainnya, menggadakannya atau menyalin dirinya, mengubah, memanipulasinya bahkan sampai merusaknya.  Virus komputer juga dapat membuat komputer yang terkena virus menjadi lambat, membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Jenis – Jenis Virus
1.       Virus Makro
Virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu Operating System. Virus ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik. Sebagai contoh jika pada komputer mac dijalankan aplikasi Word, maka virus makro yang dibuat dari bahasa makro Word dapat bekerja pada komputer bersistem operasi Mac ini.
2.       Virus Boot Sector
Virus Boot sector ini sudah umum sekali menyebar. Virus ini dalam menggandakan dirinya, akan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan program booting virus. Sehingga saat terjadi booting maka virus akan diload ke memori dan selanjutnya virus akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer dsb) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer (contoh : floopy, drive lain selain drive c:).
3.       Stealth Virus
Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan "Interrupt interceptor". Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya baik secara penuh ataupun ukurannya.
4.       Polymorphic Virus
Virus ini Dirancang buat mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.
5.       Virus File/Program
Virus ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE, maupun *.COM biasanya juga hasil infeksi dari virus ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.
6.       Multi Partition Virus
Virus ini merupakan gabungan dari virus boot sector dan virus file. Artinya pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dia dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.

Beberapa Cara Penyebaran Virus
1.       Flashdisk, media storage R/W
2.       Jaringan ( LAN, WAN,dsb)
3.       WWW (internet)
4.       Software yang Freeware, Shareware atau bahkan Bajakan
5.       Attachment pada email, transfering file

Kriteria Virus
Suatu program dapat disebut sebagai suatu virus apabila memenuhi minimal 5 kriteria berikut :
1.       Kemampuan untuk mendapatkan informasi
2.       Kemampuan memeriksa suatu program
3.       Kemampuan untuk menggandakan diri
4.       Kemampuan mengadakan manipulasi
5.       Kemampuan Menyembunyikan diri

Penangulangannya
1.       Inilah Langkah-Langkah untuk mencegahan penyebaran virus. Sebagai berikut :
              a.         Protect komputer anda dengan antivirus yang memiliki update terbaru, jangan lupa untuk menyalakan auto-protect maka komputer anda terlindungi.
              b.         Selalu melakukan scanning pada semua media penyimpanan(Internal dan eksternal) yang akan digunakan.
              c.          Gunakanlah Firewall, Anti-spamming, dsb untuk di kombinasikan dengan antivirus jika   anda terhubung langsung ke Internet.
              d.         Waspadalah terhadap fle-file yang mencurigakan, contoh : file dengan 2 buah exstension atau file executable yang terlihat mencurigakan.
              e.         Untuk software freeware + shareware, ada baiknya anda mengambilnya dari situs resminya.
               f.          Gunakan software-software open source.

2.       Inilah Langkah-Langkah Apabila Komputer anda telah Terinfeksi virus
              a.         Deteksi dan tentukan dimanakah kira-kira sumber virus tersebut apakah di flashdisk jaringan, email dsb. Jika anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda melepas kabel atau mendisable komputer  sementara.
              b.         Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus apa yang menyerang pc anda, dengan cara gejala yang timbul, misal : pesan, file yangcorrupt atau hilang dsb
              c.          Scan dengan antivirus. Bersihkan virus tersebut, Setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segera untuk mencari removal atau cara-cara untuk memusnahkannya di situs-situs yang memberikan informasi perkembangan virus tersebut. Hal ini perlu dilakukan apabila antivirus dengan update terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
              d.         Jika semua telah dicoba dan tidak berhasil maka anda harus  memformat ulang komputer anda .

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates