Kamis, 06 September 2012

0 Tips Membeli Komputer Rakitan Komputer


Tips Membeli Komputer Rakitan
Komputer rakitan yaitu  kita bebas memilih parts atau komponen yang kita inginkan sesuai dengan kebutuhan kita yang setelah itu kita rakit menjadi satu kesatuan sehingga memiliki fungsi komputer seutuhnya.
Kenapa kita biasanya memilih komputer rakitan, karena dengan merakitnya sendiri kita dapat mendapatkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita tentunya dengan harga yang terjangkau dengan kantong kita. Inilah beberapa tips yang mungkin bisa membantu dalam membangun komputer indaman anda.

1.       Memilih Processor
pilihan yang sangat umum saat ini adalah AMD dan intel. Processor AMD biasanya di khususkan untuk para gamer dan orang-orang yang suka pada desain grafis terutama 3d, sedangkan Processor intel handal untuk segala kebutuhan biasanya digunakan untuk kantor, kegiatan sehari-hari dan untuk server  warnet.

2.       Motherboard
Begitu  banyak variasi dan macam fiturnya sehingga kita kadang bingung untuk memilihmya. Untuk Motherboard sebaiknya pilih merk yang sudah tebukti handal sperti  : Abit, ASUS, MSI, Foxconn, Intel.

3.       VGA card
 VGA card menentukan kualitas gambar dan render biasanya untuk 3D. Ada dua port untuk VGA; yang pertama adalah PCI-Express (PCI-X) adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP dan Biasanya PCI-X sudah banyak terdapat di motherboard terbaru dan yang kedua adalah AGP biasanya dipakai untuk bekerja office Dan jika dana anda terbatas, VGA card tambahan ini bisa diabaikan jika anda susah memiliki Motherboard built in VGA card.

4.       Memory
Memory atau RAM adalah tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-1, DDR-2 dan DDR-3. Pililah memory yang sesuai dengan motherboard yang anda beli. DDR-3 jelas lebih cepat daripada DDR-2 dan DDR-1 dengan harga yang tidak jauh berbeda tentunya.

5.       Harddisk
Apabila  motherboard anda mendukung SATA jangan ragu2 gunakan SATA karena Port IDE lama kurang ergonomis dan kalah cepat dibanding SATA dan Harganyapun juga tidak jauh berbeda. Untuk size itu terserah dengan kebutuhan anda anda.

6.       Soundcard
Motherboard  sekarang ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan soundcard built ini. Jadi kemungkinan anda tidak usah membelinya. Kecuali apabila anda seorang profesional di bidang musik atau ingin merasakan suara yang dahsyat tentu anda dapat membeli soundcard add on yang jauh lebih handal seperti Soundblaster Audigy.

7.       Power Supply
PSU (power supply unit) memiliki unit yang beragam, dari yang murah sampai yang mahal. Semakin mahal tentu saja semakin stabil pasokan listrik dan semakin awet komponen PC anda. Biasanya PSU standar sudah bersama dengan casing yang bisa anda pilih sesuai selera.

8.       Sisanya adalah aksesoris
Aksesoris banyak ragamnya seperti : CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Monitor, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard, Printer, dan sebagainya itu terserah selera anda. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah anda rakit tadi belilah sesuai kebutuhan dan selera anda.

9.       Terakhir adalah software.
Komputer rakitan tidak disertai software operating system asli sehingga anda harus membelinya, jika anda memiliki dan terbatas anda bisa membeli yang bajakannya. Tapi jika anda mau aman gunakan Open Source Operating System atau sering kita sebut dengan nama Linux.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates