Jumat, 07 September 2012

0 Sejarah dan Perkembangan Internet


Sejarah dan Perkembangan Internet
Perkembangan Internet berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA), dilatarbelakangi oleh terjadinya perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet meluncurkan sputnik) pada saat itu Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan keperluan militer Amerika Serikat.
Perkembangan Internet yang pertama terjadi pada tahun 1960 adalah ditemukannya packet switching oleh ARPA. Packet Switching merupakan suatu metode untuk mengirimkan data atau pesan denga cara memisahkan pesan yang panjang ke dalam unit-unit kecil (paket) yang berukuran tetap.  Tiap paket berisi data dari user dan info control. Info control berisi info agar paket bisa melalui jaringan dan mencapai alamat tujuan. Pesan yang lengkap disusun ulang ketika sema paket telah sampai.
Perkembangan Internet kedua yang dicatat pada sejarah perkembangan internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang sekarang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol). Protokol adalah suatu kumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan. Yang dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Pprotokol standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan dengan menggunakan protokol internet inilah yang sekarang disebut sebagai jaringan internet.
Pada tahun 1984 Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai dikelola oleh pihak swasta, dengan berkembangnya ARPANET maka semakin banyak universitas yang tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk.
Pada Tahun 1990 dalam sejarah perkembangan internet yang ketida adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web (WWW) oleh Tim Berners-Lee. Aplikasi World Wide Web membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

Pengaruh Perkembangan Internet
Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komunikasi dan teknologi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Beberapa Penemuan sebelum iternet seperti telegram, telepon, radio, dan komputer merupakan rangkaian kerja ilmiah yang menuntun menuju terciptanya Internet yang lebih terintegrasi dan lebih berkemampuan dari pada alat-alat tersebut. Internet memiliki mekanisme diseminasi informasi yang mampu menyiarkan informasi ke seluruh dunia dan juga sebagai media untuk berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

Perkembangan Sejarah intenet dapat dibagi dalam empat aspek yaitu
Pertama adalah aspek evolusi teknologi yang dimulai dari riset packet switching (paket pensaklaran) ARPANET (berikut teknologi perlengkapannya) yang pada saat itu dilakukan riset lanjutan untuk mengembangkan wawasan terhadap infrastruktur komunikasi data yang meliputi beberapa dimensi seperti skala,performannce/kehandalan, dan kefungsian tingkat tinggi.
Kedua adalah aspek pelaksanaan dan pengelolaan sebuah infrastruktur yang global dan kompleks.
Ketiga aspek sosial yang dihasilkan dalam sebuah komunitas masyarakat besar yang terdiri dari para Internauts yang bekerjasama untuk terus membuat dan mengembangkan teknologi yang satu ini.
Keempat aspek komersial yang dihasilkan dalam sebuah perubahan ekstrim namun efektif dari sebuah penelitian yang mengakibatkan terbentuknya sebuah infrastruktur informasi yang besar dan berguna. Internet sekarang sudah merupakan sebuah infrastruktur informasi global, yang awalnya disebut “the National atau Global atau Galactic Information Infrastructure” di Amerika Serikat. Sejarahnya sangat kompleks dan mencakup banyak aspek seperti teknologi, organisasi, dan komunitas. Dan pengaruhnya tidak hanya terhadap bidang teknik komunikasi komputer saja tetapi juga berpengaruh kepada masalah sosial seperti yang sekarang kita lakukan yaitu kita banyak mempergunakan alat-alat bantu on line untuk mencapai sebuah bisnis elektronik (electronic commerce), pemilikan informasi dan berinteraksi dengan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates