Rabu, 05 September 2012

0 Tips Mengoptimalkan Kinerja Komputer


Mengoptimalkan Kinerja Komputer
Semua orang pasti pernah mengalami hal semacam ini bahkan sering merasa frustrasi karena sering berurusan dengan komputer yang lamban dan lemot. Pada saat komputer anda masih baru tentu kinerjanya cepat dan menyenangkan serta bekerja sangat baik. Seiring berjalannya waktu perlahan-lahan tanpa kita sadari kinerjanya mulai menurun dan terus menurun sampai suatu ketika anda kesal dibuatnya. Ini biasanya disebabkan karena komputer anda “kemasukan” spyware, adware dan ancaman lainnya yang tanpa anda sadari ter-download bersama dengan konten lainnya saat online.

Ada banyak teknik dan strategi agar komputer anda dapat bekerja lebih baik. Inilah Beberapa cara dan tips untuk mengoptimalkan kinerja komputer anda :

1.       Bersihkan Registry Windows  Komputer Anda
Biasanya penyebab dari semua masalah diatas dari lambatnya kinerja komputer anda terjadi karena kesalahan dan masalah pada Registriy Windows. Adware, spyware dan ancaman lain biasanya menyusup kedalam Registry, merusak atau menghilangkan file penting di dalamnya. Ketika anda akan membersihkan komputer anda, sebaiknya prioritas utama adalah membersihkan registry Windows dengan mengoptimalkan PC atau Laptop Anda Dengan CCleaner.

2.       Hapus File Yang Tidak Dibutuhkan
Setiap kali anda menggunakan komputer anda atau mengunakan Internet, Biasanya sistem windows akan membuat file-file sementara biasa disebut temporary files pada sistem komputer anda. Sebenarnya file-file tadi hanya dibutuhkan satu kali saja, namun temporary files tidak akan hilang dengan sendirinya. Setiap hari file-file tersebut akan menumpuk sampai mereka mengacaukan sistem file komputer anda dan mempengaruhi kinerjanya. File-file tersebut dapat dihapus satu per satu, tetapi jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk menggunakan alat pembersih komputer yang dirancang untuk tujuan tersebut yaitu Dengan mengunakan CCleaner. Bersihkanlah komputer anda secara berkala sekitar satu kali seminggu agar komputer anda tetap pada performa terbaiknya yang membuatnya menjadi ringan dan cepat.

3.       Hapus Program Yang Tidak Dipakai (Uninstalling)
Biasanya setiap orang atau anda men-download dan meng-install berbagai program yang berbeda setiap harinya. Kita juga biasanya lupa atau malas untuk membuang program-program yang pernah di install pada komputer padahal kita sudah tidak menggunakan lagi, sehingga pada akhirnya akan membuat komputer anda berantakan dan semakin berat kinerjanya. 
Anda bisa mengunakan / memanfaatkan Add/Remove pada Control Panel, fitur dari sistem windows yang sudah ada, atau anda dapat menggunakan Ccleaner.

4.       Kosongkan Recycle Bin
Hapus semua file yang ada di Recycle Bin komputer anda sampai benar-benar bersih secara rutin bisa seminggu sekali.

5.       Lakukan Disk Defragmentation Secara Berkala
Dengan melakukan Disk Defragmentation setiap bulannya akan mengembalikan kinerja komputer anda, ini karena Fitur Windows Defragmentation akan mengembalikan dan menyusun kembali tata letak file-file anda didalam hard disk. merapihkan setiap file-file yang tidak tertata rapih dan acak-acakan yang membuat kinerja komputer anda menjadi lambat.

Dengan memelihara komputer anda dengan teratur adalah cara terbaik agar komputer anda tetap pada perfoma terbaiknya. Yang pada akhirnya ada dapat menikmati komputer anda berkerja dengan baik dan anda tidak perlu membuang waktu anda yang berharga untuk sebuah komputer anda yang berjalan lambat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates