Minggu, 09 September 2012

0 Menonaktifkan User Account Control


User Account Control
User Account Control (UAC) adalah salah satu fitur Windows yang membantu anda agar tetap dapat mengendalikan system dengan cara mengkonfirmasi user  (anda sendiri) apakah menyetujui perubahan tersebut atau tidak.
Cara untuk melakukan perubahan Control Pada User Account Control, adalah sebagai berikut :
1.       Buka Control Panel
2.       Klik System and Security
3.       Klik Action Center
4.       Klik Change User Account Control Settings
5.       Lakukan perubahan sesuai dengan keingingan.
6.       Jika sudah selesai, klik tombol OK.
Di bawah ini adalah penjelasan mengenai beberapa pilihan setting yang ada di User Account Control:
Always notify
Jika memilih menu ini, UAC akan memberikan konfirmasi setiap ada perubahan pada system, juga apabila anda sendiri yang melakukan perubahan itu. Pilihan ini sangant cocok digunakan jika anda sering menginstall atau mencoba aplikasi baru di Windows yang belum bisa dipastikan keamanannya.
Default – Notify me when programs try to make changes to my computer
Sama seperti menu diatas,hanya saja bedanya jika anda sendiri yang melakukan perubahan, UAC tidak akan meminta konfirmasi lagi.
Notify me when programs try to make changes to my computer (Do not dim my desktop)
Ini adalah menu baru yang ada pada Windows. Biasanya ketika UAC meminta konfirmasi anda, layar akan redup dan akan muncul kotal box kecil sebagai tanda peringatan. Kotak inilah yang akan anda gunakan untuk melakukan konfirmasi (ya atau tidak). Jika anda memilih setting ini, maka UAC tidak akan meredupkan cahaya pada layar dan langsung memberikan perintah pada Windows untuk melanjutkan tugas.
Never notify
Menu yang terakhir adalah never notify ini adalah pilihan yang paling rawan terhadap serangan malware atau spyware karena anda tidak akan mengetahui jika spyware, malware atau virus sedang mencoba menginsfeksi komputer anda, yang efeknya komputer anda akan menjadi lebih lambat akibat dari pemakaian resource dari malware atau spyware.

UAC akan melakukan konfirmasi pada anda apakah memang diinginkan atau tidak pada waktu akan melakukan perubahan pada Windows. Perubahan tersebut dibagi menjadi beberapa tipe dan setiap tipe akan memberikan konfirmasi yang berbeda. Berikut beberapa tipe konfirmasi yang akan dimintakan kepada anda sebagai pengguna windows beserta icon (Gambar notifikasi) yang muncul pada box dialog, adalah sebagai berikut :
Icon User Account Control
A setting of feature that is part of windows needs your permission to start
Fitur ini sudah disetujui oleh Microsoft sebagai salah satu bagian dari windows dan aman untuk dijalankan. Tetapi jika belum yakin untuk menjalankan fitur ini, anda bisa memblokir fitur ini untuk tidak dijalankan pada komputer yang sedang anda gunakan.
A program that is not part of windows needs your permission to start
Aplikasi anda jalankan telah terverifikasi oleh Microsoft sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat. Tetapi, jika anda sediri tidak ingin menjalankanya anda bisa membatalkan perintah dengan menekan tombol Cancel agar tidak diteruskan.
A program with an unknown publisher needs your permission to start
Kalau muncul kotak box seperti ini, maka aplikasi yang sedang dijalankan belum mendapat verifikasi resmi dari Microsoft. Tapi jika anda yakin kalau program ini tidak berbahaya, anda bisa melanjutkannya dengan memberikan izin agar dijalankan di windows.
You have been blocked by your system administrator from running this program
Kalau yang muncul kotak box peringatan seperti ini, artinya windows telah mendeteksi kalau program yang dijalankan berbahaya dan tidak akan mengizinkan program untuk mengakses system. Untuk menjalankannya anda harus menghubungi administrator dari komputer yang sedang anda gunakan. Biasanya program seperti ini memang program berbahaya yang dapat mengakibatkan kerusakan pada windows anda.

Kesimpulan dari UAC ini adalah dilihat dari banyaknya fitur yang ada pada Windows 7, fitur ini merupakan gebrakan baru dari microsoft karena pada windows sebelumnya Microsoft belum menyertakan fungsi User Account Control. Sampai saat ini, fungsi ini dirasa Cukup ampuh untuk memblokir serangan dari malware atau spyware yang mencoba mengintip data-data penting pada komputer anda.

Buat anda yang belum tau cara mennonaktifkan User Account Control (UAC) inilah sedikit tips dari saya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates