Rabu, 05 September 2012

0 Tips Merawat Komputer Agar Selalu Berjalan Dengan Baik


Tips Merawat Komputer
1.       Biasakan  Mematikan Komputer Dengan Shut Down.
Jangan mematikan komputer secara paksa dengan menekan tombol power. Kecuali  apabila komputer Anda crash dan terkunci (hang), ini terjadi dimana lampu indicator harddisk tidak berkedip menunjukkan bahwa harddisk sudah tidak bekerja. Dalam situasi ini, menekan tombol power off adalah satu-satunya cara. Karena apabila kita melakukan cara seperti ini dapat mengakibatkan hilangnya data atau file Windows.
2.       Gunakan UPS (uninteruptable power supply)
Andan dapat menggunakan UPS untuk menjaga komputer agar tidak crash selama listrik padam. UPS juga melindungi komputer dari turun naiknya tegangan liistrik.ada juga UPS yang dilengkapi dengan fitur “surge protector”  berguna untuk melindungi komputer dari hampir semua jenis ganggunan pada tegangan listrik.
3.       Backup Data
Backup data- data yang sudah tidak terpakai dengan mengunakan hard drive eksternal, Zip disk, CD-RW dll
4.       Jalankan Scandisk dan Defragmentasi setidaknya sebulan sekali. Hal ini akan menjaga hard drive agar tetap baik dan mencegah crash.
5.       Jangan Cabut Perangkat atau Peripheral Ketika Komputer sedang menyala.
Jika anda mencabut komputer ketika sedang menyala dapat mengakibatkan hubungan singkat pada soket konektor atau motherboard. Kecuali  jika anda menggunakan peripheral “hot pluggable”
6.       Sisakan 300MB pada drive C: untuk digunakan oleh Windows.
Jika anda menggunakan Windows XP atau Vista maka sediakan space kosong di drive C: sekitar 400-600 MB.
7.       Periksa dan Kurangi Program Aplikasi yang Di Load Secara Otomatis Saat Start-Up Windows.
Program aplikasi seperti ini biasanya menggunakan memory dan Windows Resources. Konfigurasikan agar program tidak dimuat dalam daftar start-up Windows, untuk program lain yang berjalan pada mode Background dapat dilihat dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.
8.       Scan Mengunakan Antivirus
Scan komputer anda menggunakan program antivirus secara teratur. Perlindungan terbaik adalah pemantauan real-time dari program antivirus. Berikutnya adalah gunakan virus checker online seperti Housecall disediakan oleh Trend Micro.
Instal program firewall juga penting untuk membatasi akses dari dunia luar yang masuk ke sistem anda. Beberapa firewall juga dilengkapi dengan fitur alarm yang akan memberitahukan kepada anda bila ada aktivitas mencurigakan pada sistem yang Anda gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Computer Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates